Selalu Ada Hikmah

Ramadan kali ini membuat kita merasakan keadaan yang sebelumnya tidak bisa kita bayangkan.

Namun, akan selalu ada hikmah di setiap musibah.

Mungkin di Ramadan sebelumnya kita tidak sempat mengaji, karena sibuknya pekerjaan yang kita hadapi. Namun sekarang kita bisa fokus ibadah, karena bisa bekerja dari rumah.

Mungkin di Ramadan sebelumnya, waktu kita habis di jalan. Tidak sempat menambah amal ibadah karena macet dan padatnya jalanan. Tapi sekarang, waktu kita sangat berlimpah. Kita berdiam di rumah, dan banyak kesempatan untuk beribadah.

Mungkin di Ramadan sebelumnya kitatidak tahu kapasitas diri sebagai
pemimpin dan pembina. Tapi sekarang, sebagian dari kita ada yang harus
menjadi imam di rumahya. Sehingga kita harus meningkatkan ilmu agama
dan hafalan Qur’an kita.

Mungkin di Ramadan sebelumnya, kita tidak bisa membantu siapa-siapa. Amal ibadah sangat minim adanya. Tapi sekarang, banyak orang membutuhkan uluran tangan kita. Donasi dibuka dimana-mana.

Memang, banyak cara yang Allah berikan agar hikmah sampai kepada kita. Mungkin dengan keadaan sekarang, adalah salah satunya.

Sudah terlalu sering kita berpaling. Maka, sekarang adalah saat yang tepat untuk mendekat. Kepada Allah subhanahu wa ta’ala, yang selalu menyayangi hamba-Nya.

Yakinlah bahwa Allah akan selalu memberikan jalan di setiap keadaan. Jika sendiri, tak ada yang bisa kita lakukan. Tapi bersama Allah, masalah sesulit apapun bisa terselesaikan.

 

2 thoughts on “Selalu Ada Hikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *